‘Jogja Istimewa’ Dipakai Kampanye Tim Prabowo, Erix Soekamti: Ya Harus Izin

Jakarta

Erix Soekamti memberikan tanggapan soal kasus pemakaian lagu Kill The DJ untuk kampanye Prabowo. Menurutnya, apapun kepentingangan, memakai lagu orang wajib izin.

“Saya enggak tahu kasus pastinya, tapi kalau pakai lagu orang itu berarti ya harus izin sama yang punya lagu,” kata Erix di Jakarta.

“Etikanya seperti itu. Kalaupun tidak sempat izin dengan pemilik lagu, berarti nanti disusulkan untuk mungkin permisinya,” lanjutnya.

Vokalis Endang Soekamti ini mengatakan, penggunaan lagu selalu mendatangkan nilai baik itu ekonomis maupun moral. Karena itu, penggunaanya harus dengan izin sang pemilik.

“Tapi kalo kemarin aku nggak lihat ada ekonomis di situ ya, apalagi pengubahan kata, itu perlu profil dari pencipta lagunya. Itu pasti. Karena yang punya high eksklusifnya itu penciptanya karena dia punya hak moral juga,” tutup musisi asal Yogyakarta ini.

Sebelumnya, penulis lagu ‘Jogja Istimewa’, Marzuki Kill the DJ marah besar karena lagunya dipakai tim kampanye Prabowo tanpa izin. Dia pun melaporkan dua akun penyebar video yang menyebarkan aksi kampanye dengan lagu gubahan ‘Jogja Istimewa’ itu.

(ken/ken)

Photo Gallery